Kamis, 10 Juni 2010

tidak..tidak..tidak..!!!

'TIDAK, GA MAU, NGGAK' akan meluncur dengan fasih dari anak di usia sekitar 18 bulan. kata ini merupakan pernyataan kemandiriannya. ditawari apa saja, jawabannya selalu TIDAK..

penolakan ini sebenarnya tidak berarti anak sungguh-sungguh tidak mau melainkan 'aku mau asalkan dengan caraku sendiri' atau ' aku mau melakukan sendiri'. itu sebabnya anak pada usia ini saat diajak mandi selalu menolak namun ia akan ke kamar mandi bila diijinkan memainkan busa sabun atau berendam dalam bak mandi.selama masa ini anak belajar mengendalikan diri dan ingin melakukan semuanya sendiri.

jangan khawatir bunda, ada cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi masa ini.
a. ubah tuntutan jadi pilihan
tak usah menyeret si kecil ke kamar mandi saat ia berkata 'ga mau mandi bunda'. berikan pilihan ini 'mandi di pancuran atau mandi di bak?'


b. berikan batasan sampai kapan anak boleh mengatakan tidak
misalnya anak rewel saat minum susu. siapkan susu dan katakan padanya 'sebelum tidur susu itu harus habis'


c. tidak menuntut segera
bila anda ingin si kecil mengenakan baju yang pantas saat ke pesta, siapkan baju itu jauh2 hari dan jelaskan betapa bagusnya baju itu bila dipakai.


d. hindari memakai kalimat tanya, ' adik mau makan ga?'
pasti jawabannya tidak! katakan saja' adik mau makan sendiri di meja makan atau bunda temani di meja tinggi?'


e. bubuhkan sentuhan humor
saat si kecil menolak mengenakan baju, ajak si kecil bercermin dan katakan padanya baju ini seperti topi ya? biarkan saja bila ia ingin memainkan bajunya. bila ia bosan, dengan senang hati akan memakai sendiri.

masa ini adalah masa 'adu kekuatan' yang bisa membuat orang tua dan anak sama-sama merasa tidak senang. namun percayalah bunda, ini adalah tahapan anak kita menuju kemandiriannya.. sudah siap memiliki anak yang mandiri? inilah saatnya kita menyiapkan....

0 komentar:

Posting Komentar