Selasa, 14 Desember 2010

Memilih Tempat Penitipan Anak

Meski sebuah TPA punya brosur mendetil tentang fasilitas yang tersedia beserta biayanya, namun sebaiknya Anda selektif. Jangan tergesa-gesa percaya begitu saja, atau setuju dengan pendapat atau komentar orang lain tentang TPA itu. Bisa jadi TPA tersebut tak sesuai bagi orang lain, namun sesuai bagi Anda dan anak, atau sebaliknya.

Seperti Anda berusaha mencari dan mengenal lebih dekat TPA yang dituju, anak pun demikian. Pada umumnya, bayi hingga berusia 7 bulan cepat beradaptasi dengan pengasuh dan lingkungan barunya. Namun anak usia 8 bulan; 5 tahun perlu waktu adaptasi lebih lama dengan suasana baru. Karenanya tak perlu heran melihat balita Anda menangis, tantrum (mengamuk) atau juga menolak berinteraksi dengan pengasuh yang baru dikenalnya. Tak perlu risau, hadapilah dengan tenang dan temani anak beradaptasi dengan lingkungan baru itu.

Bila proses adaptasi tak kunjung sukses, bahkan anak tak bahagia, Anda perlu mengevaluasi apa kendala bagi anak, bagaimana program TPA, dan juga melihat kembali sosok pengasuh anak di TPA itu. Bisa saja hari-hari kurang menyenangkan di TPA terjadi dari waktu ke waktu. Namun bukan berarti hari yang kurang menyenangkan itu identik dengan kurang baiknya TPA tersebut. Untuk itu Anda dan pihak TPA perlu mencari penyelesaian yang tepat yang mendukung sikap positif anak yang menunjang aspek perkembangannya; semisal kemampuan sosial, mengembangkan sikap percaya pada orang lain, juga aspek fisik dan mentalnya.
sumber: ayahbunda

1 komentar:

FATIHA mengatakan...

oh ya bunda, kalo ada waktu bunda bisa ke tempat tersebut beberapa kali sebelum menitipkan supaya lebih yakin :)

Posting Komentar