Minggu, 12 Desember 2010

tetap SEHAT di musim Hujan

Hatsi!! Bunda, hidungku mampet..meler..makan ga enak.. kadang ini yang sering kita dengar setiap musim hujan. Ya, anak-anak lebih rentan terserang flu di musim yang dingin ini. Hal ini terjadi karena daya tahan tubuh yang cenderung menurun. Anak yang biasanya aktif bisa tiba-tiba jadi lesu, tidak bergairah, dan susah tidur. Tentu bunda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah flu sehingga anak tetap sehat, aktif dan ceria di musim hujan sekalipun.

1. Banyak minum air, terutama bila anak kita demam. Minumlah air putih, sari buah, sup dan kuah sayuran. Bisa juga diberikan teh namun jangan terlalu sering dan hindari saat makan karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi.

2. Konsumsi protein misalnya daging sapi, ayam, tahu, tempe, telur dan susu. Protein diperlukan untuk membentuk sel-sel baru.

3. Perbanyak sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Biasakan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun. Kuman penyakit biasanya menular melalui kontak langsung misalnya dari tangan.

5. Jaga suhu tubuh agar tetap hangat misalnya dengan mengoleskan minyak telon maupun balsam bayi, kenakan pakaian yang hangat agar anak tidak kedinginan.

6. Bila nafsu makan hilang, usahakan makan sedikit tapi beberapa kali. Hindari makanan berlemak.

7. Lakukan olah raga ringan agar stamina tetap terjaga.

Bunda, mari bersama kita jaga anak-anak kita agar selalu sehat dan ceria..selamat mencoba.. salam sayang untuk si kecil..

0 komentar:

Posting Komentar